Friday, August 16, 2019

Perbedaan Anoda dan Katoda

Perbedaan Anoda dan Katoda



Anoda dan Katoda adalah elektroda dengan polaritas yang berlawanan. Untuk mengetahui perbedaan antara anoda dan katoda, pertama-tama kita perlu memahami apa itu mereka. Anoda dan Katoda adalah elektroda yang digunakan untuk menghantarkan arus listrik ke dalam atau keluar dari perangkat yang menggunakan listrik.
Elektroda adalah bahan konduktor yang memungkinkan arus dapat melewatinya. Hal ini biasanya terbuat dari logam seperti tembaga, nikel, seng dll, tetapi beberapa elektroda yang terbuat dari logam non seperti karbon. Elektroda dilengkapi dengan rangkaian sehingga arus akan lewat melalui itu.
Elektroda dapat berupa anoda atau katoda. Elektroda di mana arus meninggalkan sel dan di mana oksidasi berlangsung disebut anoda. Hal ini juga disebut elektroda positif. Di sisi lain, elektroda di mana arus memasuki sel dan reduksi terjadi disebut katoda. Hal ini juga disebut elektroda negatif. Hal ini berlaku di sebagian besar perangkat listrik tetapi dalam baterai listrik, anoda adalah yang menjadi negatif dan katoda, positif. Bahkan ada elektroda yang bipolar yang dapat berfungsi baik sebagai anoda dan katoda.
Baterai yang sederhana terdiri dari tiga bagian utama yaitu anoda, katoda dan elektrolit. Secara tradisional, elektroda berada di ujung baterai. Ketika alat ini terhubung dengan listrik, reaksi kimia dimulai di dalam baterai. Elektron menjadi terganggu dan harus mengatur kembali.
Mereka saling tolak dan bergerak menuju katoda yang memiliki elektron lebih sedikit. Ini menyeimbangkan elektron diseluruh larutan yang disebut elektrolit. Umumnya arus mengalir dari katoda bila perangkat sedang dipakai tetapi arah arus dibalik saat perangkat sedang diisi dan katoda mulai berfungsi sebagai anoda sedangkan anoda menjadi katoda.

Katoda dan anoda ditemukan di perangkat yang digunakan untuk menarik arus listrik. Dapat dikatakan bahwa kata-kata anoda dan katoda yang digunakan untuk mengidentifikasi polaritas perangkat bila digunakan.
Dalam sel primer atau baterai, terminal non reversible yang berarti bahwa katoda akan selalu negatif. Hal ini karena perangkat selalu digunakan untuk melepaskan arus listrik. Tapi dalam kasus sel sekunder atau baterai, elektroda yang reversibel sebagai pembuangan perangkat, tetapi juga menerima saat pengisian.
Ringkasan:
  1. Katoda dan anoda adalah terminal perangkat listrik yang digunakan untuk menyediakan arus listrik.
  2. Anoda adalah terminal positif sementara katoda adalah terminal negatif.
  3. Perangkat akan mulai memberikan arus ketika elektroda tersebut dihubungkan dan rangkaian tertutup.

No comments:

Post a Comment